Thursday, October 30, 2014

LombokNesia-kali ini postingan tentang MUTIARA, kenapa mutiara?? karena Lombok khususnya di kawasan teluk Ekas yang merupakan tempat budidaya mutiara yang kualitasnya merupakan kualitas no 1.
lomboknesia.blogspot.com

budidaya mutiara

Mutiara adalah suatu benda keras yang diproduksi di dalam jaringan lunak (khususnya mantel) dari moluska hidup. Sama seperti cangkang-nya, mutiara terdiri dari kalsium karbonat dalam bentuk kristal yang telah disimpan dalam lapisan-lapisan konsentris. Mutiara yang ideal adalah yang berbentuk sempurna bulat dan halus, tetapi ada juga berbagai macam bentuk lain. Mutiara alami berkualitas terbaik telah sangat dihargai sebagai batu permata dan objek keindahan selama berabad-abad, dan oleh karena itu, kata "mutiara" telah menjadi metafora untuk sesuatu yang sangat langka, baik, mengagumkan, dan berharga. (sumber wikipedia)

pengambilan mutiara

Kualitas Mutiara Lombok

image
Di pulau lain (selain Pulau Lombok), tentu masih asing jika mendengar tentang mutiara. Karena tidak semua daerah di Indonesia bisa menghasilkan mutiara. Mutiara dari daerah Lombok adalah salah satu mutiara yang sangat berkualitas dan bermutu tinggi.

Ada yang beranggapan bahwa mutiara itu sangat mahal dan orang menengah ke bawah tidak bisa memiliki mutiara. Tapi, ternyata ada beberapa mutiara yang harganya murah dan ada yang harganya memang mahal, karena mutiara itu tidak hanya terdiri satu macam saja. Mutiara itu memiliki bermacam-macam jenis dan motif sehingga harganya pun juga berbeda antara mutiara yang satu dengan yang lain.


Memang benar, mutiara itu mengkilap, dan berkilau. Jadi wajar saja, jika sebagian orang menganggap mutiara adalah barang yang sangat istimewa. Tapi ada juga yang menganggap bahwa mutiara itu bukan sesuatu yang istimewa. 



Mutiara dikenal sebagai perhiasan paling tua. Tak hanya itu, selama beberapa abad, harga mutiara alam bersaing dengan berlian yang diklaim sebagai batu permata tereksklusif. Di dunia, saat ini south sea pearls menempati posisi tertinggi sebagai mutiara kualitas terbaik. Mengalahkan mutiara akoya, mutiara asal Tahiti, dan air tawar. Pasalnya, south sea pearls memiliki ukuran yang luar biasa besar dibandingkan jenis lainnya. Selain itu, kilaunya pun lebih cemerlang.
Di Indonesia, mutiara Lombok mendapat kehormatan sebagai penghasil devisa dalam negeri. Karena mutiara yang dihasilkan oleh pulau berpanorama indah ini termasuk dalam kategori south sea pearls terbaik di dunia. Maka, tak salah jika mutiara Lombok jadi incaran banyak orang, baik di dalam maupun luar negeri.
Lombok pun patut dapat acungan jempol karena berhasil mengungguli negara penghasil mutiara lainnya seperti Australia, Tahiti, Myanmar, dan Filipina. Bahkan data Departemen Kelautan dan Perikanan menyebutkan Indonesia kini menjadi pemimpin negara pengekspor mutiara air laut. Tak heran karena Lombok sudah menjadi penghasil mutiara sejak dulu dan merupakan produsen mutiara utama di Tanah Air.
Mutiara jenis premium sangat digemari wisatawan Asia baik dari Korea, Jepang, Malaysia, maupun Singapura, dan lain-lain. Namun menghasilkannya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghasilkan satu butir south sea pearl kelas satu. Dari awal penangkapan induk sampai proses akhir butuh waktu empat tahun.
 (Sumber: http://www.okezone.com)


Berikut adalah 6 fakta tentang mutiara:
1. Mutiara adalah satu-satunya perhiasan yang terbuat dari material organik karena merupakan bagian dari pasir yang masuk kedalam cangkang tiram.
2. Umumnya mutiara diklarifikasi berdasarkan asal (air tawar dan air laut) dan bentuknya (alami dan budi daya).
3. Mutiara alami, yang dinamakan keshi, biasanya berukuran kecil dan tidak beraturan. Sedangkan mutiara budidaya berukuran besar dan berbentuk bulat.
4. Mutiara alami dijual berdsarkan karat, sedangkan mutiara budi daya dijual berdasarkan ukuran. Harga mutiara alami lebih mahal daripada mutiara budi daya karena lebih sulit didapat.
5. Untuk mutiara budi daya, bentuk sperichal (bundar) paling banyak diminati. Makin sempurna bundarnya, makin mahal harganya.
6. Setiap habis dipakai, sebaiknya segera bersihkan mutiara dengan cara merendamnya dalam larutan sabun lembut dan air hangat. Keringkan dengan kain dan simpan dalam box khusus.
(Sumber: Majalah Femina)

salah satu toko mutiara di sekarbela

Mutiara biasanya dijadikan oleh-oleh khas Lombok oleh wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal. Tempat penjualan perhiasan mutiara adalah di Sekarbela, Mataram dan jika ragu anda dapat membeli mutiara bersertifikat anda bisa menemui salah satu tokonya di Sweta (tidak jauh dari perempatan monumen air mancur dengan mengambil jalan kearah Sayang-sayang).
(lomboknesia.blogspot.com)

Source: 
http://ranamutiaralombok.com/news/1/6-FAKTA-TENTANG-MUTIARA
http://besteducation.sitekno.com/article/73943/kualitas-mutiara-lombok.html
lomboknesia.blogspot.com
            

0 comments:

Post a Comment