Friday, April 17, 2015


LombokNesia-Gili Air, Meno, dan Trawangan pasti tak akan luput dari daftar destinasi liburan mayoritas orang Indonesia maupun turis mancanegara jika sedang mengunjungi Lombok. Tapi taukah kamu kalau ada gili-gili lain yang tak kalah indah di Lombok namun jarang dilirik oleh para traveler? Nah, ada sepuluh fakta menarik nih seputar gili-gili di Lombok. Buat yang belum pernah ke sana, mungkin artikel ini bisa sedikit membantu supaya kamu tidak kelewatan hal-hal menarik selama di sana dan punya bekal pengetahuan untuk menyusun paket wisata Lombok kamu. Check it out!

Fakta Menarik Wisata Gili-Gili di Lombok

1. Ketiga gugus pulau kecil yang terkenal (Air, Meno, dan Trawangan) dikenal dengan Taman Wisata Alam Laut Gili Matra. Dalam kawasan ini, pemukiman penduduknya tergabung dalam satu pemerintahan desa, yaitu Desa Gili Indah. Mayoritas penduduknya tinggal di pulau paling besar sekaligus terjauh dari Pulau Lombok, yaitu Gili Trawangan.
pantai gili-gili di lombok2. Kalau gili-gili di Lombok utara bisa dicapai dari Pelabuhan Bangsal, gili-gili di Lombok barat ini bisa dicapai melalui Pelabuhan Tawun atau Lembar.
3. Jika Lombok Utara punya Gili Air, Meno, dan Trawangan,Lombok Barat juga punya surga di Gili Nanggu, Gili Tangkong, Gili Kedis, dan Gili Sudak. Keempat gili ini lebih sepi karena jauh dari turis dan keramaian. Banyak pasangan yang suka berbulan madu di sini, terutama di Gili Nanggu karena gili ini adalah satu-satunya gili yang memiliki fasilitas penginapan berupa resort berbentuk bangunan tradisional Suku Sasak.
4. Gili Kedis adalah gili yang paling mungil, tak berpenghuni, dan merupakan spot favorit wisatawan untuk menikmati sunset di atas hamparan pasir putih yang halus. Nama Kedis diambil dari bahasa Sasak Lombok yang berarti burung kecil atau burung pipit. Gili ini bertetangga dengan Gili Sudak yang sangat kaya dengan bintang laut dan bulu babinya.
bangunan gili-gili di lombok5. Mayoritas penduduk di gili-gili Lombok adalah orang-orang yang berasal dari orang Sasak (suku Lombok asli), orang Mandar, Bugis, dan Makassar.
6. Mata pencaharian utama masyarakat Lombok dulunya adalah nelayan, namun sekarang jumlah nelayan justru semakin sedikit. Mayoritas penduduk bekerja di bidang yang berkaitan dengan pariwisata, misalnya transportasi, hotel, tempat makan, penyewaan kapal, dan lain-lain. Sebagian besar lainnya bermatapencharian sebagai petani di kebun kelapa.
7. Semua pantai dan kondisi bawah laut di Gili masih sangat terjaga, terumbu karang dan ikan-ikannya masih sangat sehat, pantainya pun semuanya pantai pasir putih. Di Gili Air, kamu bisa menemukan penyu hijau yang hanya ada di beberapa daerah di Indonesia.
8. Tak lengkap rasanya jika mampir ke gili-gili di Lombok namun hanya snorkelingan saja, jangan lupa diving bagi yang sudah berlisensi ya! Spot-spot divingnya menawarkan pemandangan soft coral dan spesies ikan yang unik-unik. Ada White-tip Reef Sharks, Cuttlefish, Moray Eels, Angel Fish, Ghost Pipefish, dan lain-lain dikawasan Gili Meno, Air, dan Trawangan. Spot diving yang wajib kamu kunjungi antara lain Air Wall, Meno Wall, Coral Fan Garden & Basket Coral Garden, Trawangan Slope, Manta Point, Shark Point, dan Stingray.
penyu gili-gili di lombok
9. Kini siapapun yang mau berlibur ke gili-gili di Lombok tak perlu membawa uang terlalu banyak. Ada 3 ATM yang bisa nada gunakan untuk tarik tunai di Gili Trawangan, yaitu ATM Bank BNI, Bank Mandiri, dan Bank Niaga. Oiya, ada money changer juga lho! Sangat memudahkan para turis yang kehabisan rupiah di tengah jalan.
delman gili-gili di lombok10. Tidak ada kendaraan bermotor yang boleh beroperasi di gili-gili ini. Kamu akan merasakan liburan yang menyenangkan tanpa polusi udara. Jenis kendaraan yang dipakai di Gili Trawangan adalah cidomo (sebutan delman/andong khas Lombok) dan sepeda. Cidomo hanya bisa dinaiki oleh 2 sampai 3 orang. Jika ingin mengelilingi Gili Trawangan melewati garis pantai, tarifnya adalah Rp. 50.000,-. Kalau menyewa sepeda, tarif per-jamnya sekitar Rp. 15.000 dan Rp. 45.000 untuk satu hari.
Sudah nggak sabar untuk island hopping di gili-gili di Lombok? Let’s pack your bag!
Untuk mencari paket liburan murah, dapat menghubungi Valadoo.com untuk mendapatkan alternatif liburan yang lengkap.
Source: http://jelajah.valadoo.com/activities/adventure/10-gili-air

5 comments:

Post a Comment