Wednesday, April 22, 2015



Allah Berfirman :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوباً وَقَبَائِلَ
لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ 


(AlHujuraat, 49:13) Hai manusia, Sesungguhnya kami menciptakan kamu dari laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah lagi maha mgengetahui.


pada saat ini gue dikelilingi orang-orang terdekat yang super sibuk dari mulai ngurusin kuliah pekerjaan sampe project yang dikejar-kejar supaya beres dan banyak orang yang mengeluhkan hal ini, apalagi kalo tinggal di JAKARTA selain pusing mikirin tugas di kantor,tingkat stres di jalanan gara-gara MACET bikin rasa jenuh rutinitas sehari-hari.

Dalam aktivitas sehari-hari ada satu kondisi dimana manusia itu ngerasa JENUH, BOSEN, STRES dari kerutinan dan ini merupakan fitrah manusia. tapi pas denger kata-kata LIBUR bukan cuma anak SD yang seneng dan ngerasain kegembiraan yang luar binasa setiap orang pasti menginginkan rasa gembira dan melepas beban dan stres dan rasa jenuh dengan berkumpul sama sanak sodara, keluarga sahabat dan saudara. kalo bisa bilang Im feel FREE~


Free like a bird~
Banyak manfaat ketika kalian mempunyai waktu liburan, bisa mempererat kehangatan sebuah keluarga, mempunyai waktu untuk teman setelah disibukan dengan kegiatan rutin macem kerja, belajar dan kuliah. Tidak ada salahnya kita mempunyai waktu luang untuk mengistirahatkan otak dan memberi udara segar. Liburan atau Treveiling menurut islam juga harus memperhatikan beberapa hal :

1. Treveling adalah sarana untuk belajar dan bukan menghambur-hamburkan UANG secara berlebihan.

Belitong

Liburan gak harus pergi ke Luar Negeri dan mengunjungi tempat yang mewah, glamour bikin eksis. dengan menghabiskan uang untuk jalan-jalan belanja barang-barang yang keliatan mewah tapi Treveling juga bisa menikmati tanpa mengeluarkan uang secara berlebih dan dapat mendapatkan udara segar. seperti di Bandung kalian bisa menikmati udara segar di daerah Dago Atas seperti Taman Hutan Raya ir. H juanda, tebing keraton, Goa Belanda, Goa Jepang, Curug ciomas.


Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:
وَءَاتِ ذَا ٱلْقُرْبَىٰ حَقَّهُۥ وَٱلْمِسْكِينَ وَٱبْنَ ٱلسَّبِيلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا

"Dan Berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan(hartamu)secara boros".(Qs. Al Isra :26)


 2. Tahu arti BERSYUKUR

Iboih
Dari lingkungan sekitar sebenarnya kita bisa mempelajari bagaimana cara untuk bersyukur, waktu itu gue nanjak ke Kawah Ijen Banyuwangi dan melihat bapa-bapa penambang belerang yang memikul beban sampai 80 kg dan per 1 kg hanya di hargai 600 rupiah. gue pribadi jadi merasa bersyukur ketika hanya memikul beban laptop di tas seberat 6kg aja. kalo di pikir-pikir mungkin sudah lebih dari 10 kali lipat beban yang dipikul oleh para penambang di Kawah Ijen. belajar dari negara sendiri kehidupan di Pulau Jawa sama di Luar Jawa itu keliatan banget bedanya. kalo di jawa mau kemana-mana ada angkot, taksi ojeg 24 jam. kalo di Sumatera jam 8 aja udah sepi orang lalu lalang apalagi di daerah timur seperti Flores keluar malem kanan-kiri hutan dan keadaan gelap gulita.

treveling itu dapat membuka mata kita bagaimana kita melihat sodara-sodara kita hidup di luar pulau jawa, tidak mengeluhkan harga bensin dan bahan pokok yang mahal banget. disini kita makan enak kadang masih dibilang kurang nendang, harga bensin naik sedikit ngeluh. masih banyak hal yang perlu kita benahi dan pikirkan untuk hal-hal yang penting. seperti mengajar ke plosok desa di pulau jawa untuk bisa berbagi ilmu. atau berbagi rejeki dengan warga yang tidak mampu. dari situ kita bisa mengambil pelajaran dan mensyukuri nikmat Allah.

Allah Subahanahu wa Ta'ala berfirman :

إِنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ ۚ وَإِن تُؤْمِنُوا وَتَتَّقُوا يُؤْتِكُمْ أُجُورَكُمْ وَلَا يَسْأَلْكُمْ أَمْوَالَكُمْ

"Sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau. Dan jika kamu beriman dan bertakwa, Allah akan memberikan pahala kepadamu dan Dia tidak akan meminta harta-hartamu." (QS. Muhammad : 36). 

3. melihat kekuasaan yang Maha Kuasa.

Belitong
Allah tidak melarang hambanya untuk menikmati ciptaannya di Dunia ini, Allah memberikan batasan-batasan sesuai syariat perintahNya dengan menjauhi laranganya dan selalu mensyukuri ciptaaNya yang telah diberikan kepada seluruh mahluk yang ada di Dunia.

Gue pribadi bangga dan bersyukur hidup di INDONESIA, Negara ini adalah negara yang super lengkap dari mulai gunung, laut sampai keramahan orang indonesia. yang perlu kita perbaiki ketika kita ingin menandaki gunung dan treveling ke luar kota untuk tidak melupakan kewajiban solat dan Allah memberi keringanan kepada mahluknya yang suka Treveling. waktu solat bisa di Qashar atau di Jamak. tapi jangan sampe keliru. ketika kita naik motor dan selalu bertemu masjid di pinggir jalan sempatkanlah untuk istirahat dan mengambil air Wudhu dan segera solat.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman :
قُلْ سِيرُوا فِي الأَرْضِ فَانظُرُوا كَيْفَ بَدَأَ الْخَلْقَ ثُمَّ اللَّهُ يُنشِئُ النَّشْأَةَ الْآخِرَةَ إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Katakanlah: "Berjalanlah di (muka) bumi, maka perhatikanlah bagaiman Allah menciptakan (manusia) dari permulaanya, kemudian Allah menjadikan sekali lagi. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS. Al-Ankabut 20).

4. Sarana untuk mendekatkan kepada Sang Pencipta.

Hamcock di Resort Sabang

Waktu Treveling adalah waktu yang paling tepat dan bermanfaat untuk mendekatkan kepada Sang Pencipta, Allah SWT. begitu indah ciptaan sampai gue berdecak kagum. Gunung yang begitu indah,tebing tebing dan Surga Bawah laut yang Allah ciptakan di INDONESIA sungguh luar biasa. gue pribadi suka untuk meluangkan waktu untuk meditasi ya lewat treveling ini, seperti membaca buku tentang hukum-hukum Islam dan tauhid. dan buku buku tentang Islam,paling enak baca bukunya di pinggir pantai yang sepi dan gak ada kegaduhan. dari situ kita bisa pahala yang berlipat.

5. Manfaat Treveling Secara psikologi

Ekspresi seneng di pipisin kelelawar Haha
Secara psikologis, Treveling merupakan kebutuhan yang sangat urgen dan mempunyai peran penting bagi timbulnya efek positif pada diri seseorang. Banyak penelitian para ahli  yang membuktikan manfaat treveling, treveling mengjarkan kita untuk "Open Mind" berpikir positif kepada orang lain.selama gue Solo Trip 20 hari kelilingSUMATERA dari sabang Sampai BELITONG jujur gue numpang tidur di Rumah orang, dan hanya sekali tidur di Hotel yaitu di Danau Toba. modal gue numpang di rumah orang hanya bermodalkan Pikiran yang positif. keuntungan lainya dari treveling ini adalah kita mempunyai pikiran yang kreatif, inovatif dan lebih semangat. bahkan bagaimana kita memanage keuangan sampai bisa meramalkan cuaca di lapangan.

Bagi gue seorang mahasiswa, liburan atau treveling adalah saran untuk menghilangkan stress dan penat ngerjain SKRIPSI hahaha~ Kalo belajar mulu dan kondisi gue tidak suka atau sering ngantuk ketika belajar pasti otak susah untuk menampung ilmu yang di kasih oleh dosen. Hal ini terjadi karena dalam memori otak udah semeruwet atau bahasa kerenya "Blocking Emosi. dan efek positif setelah gue treveling IPK gue mulai naik. meskipun IPK gue gak bagus bagus amat. WKWKWKW~

Jadi luangkanlah waktu kalian untuk Treveling dan membuka mata kalian bahwa hidup di Dunia ini mengajarkan kita untuk bersosialisasi dan berbuat baik terhadap sesama karena HIDUP hanya sementara :D



2 comments:

Post a Comment