Wednesday, November 12, 2014

10:10 AM
7
LombokNesia-Gunung Rinjani, kita mengenalnya sebagai gunung yang memiliki keindahan landscape yang tiada duanya. Tetapi tahukah Anda? Selain gunung Rinjani memadukan kemegahan luar biasa dari sisi bentang alam juga menyimpan air terjun - air terjun indah di kawasan hutannya yang justru jarang diketahui oleh pendaki Rinjani.

Biasanya pendaki gunung yang melakukan hiking ke gunung Rinjani tidak terlalu tertarik untuk melakukan penjelajahan ke air terjun. Selain fisik yang sudah ngedrop karena medan Rinjani memang tergolong berat, juga akses menuju beberapa lokasi air terjun tidak ada angkutan umum. Sehingga harus siap - siap merogoh kocek untuk menggunakan jasa ojek sepeda motor. Beruntung jika Anda memiliki kenalan teman yang mau mengantarkan dengan menggunakan sepeda motornya. Namun beberapa air terjun juga sudah dapat dituju menggunakan kendaraan pribadi dan angkutan umum.

Keuntungan ganda jika Anda melakukan hiking lewat jalur Torean, karena di jalur ini Anda akan dapati suguhan 4 air terjun sekaligus dari 12 Air terjun di sekitar Gunung Rinjani. Yaitu Air terjun Penimbungan, Aik Genit, Pancor Mas, dan Air terjun Panas - dingin Goa Susu. Namun sayangnya jalur ini kurang di minati oleh pendaki gunung. Mereka biasanya mengambil jalur dari Sembalun maupu Senaru.

Dan berikut ini 12 Air Terjun di sekitar gunung Rinjani

1. Air Terjun Sendang Gile, Senaru, Lombok Utara


Konon, air terjun ini tidak sengaja ditemukan oleh warga yang sedang memburu singa gila yang mengacau sebuah kampung dan kemudian masuk ke dalam hutan. Air terjun ini memiliki ketinggian 32 meter. Untuk mencapai lokasi dari pintu masuk membutuhkan waktu hanya 11 menit melalui jalur tangga.

2. Air Terjun Tiu Kelep, Senaru, Lombok Utara


Tidak jauh dari Sendang Gile, juga terdapat air terjun Tiu Kelep. Keduanya satu lokasi dengan pintu masuknya di depan rumah makan Galang Ijo. Pengunjung harus melewati jalan berupa terowongan air untuk sampai menuju air terjun ini. Perjalanan melewati terowongan air ini memberikan sensasi yang luar biasa tatkala kita harus berjalan pelan dalam keremangan cahaya senter.

Alternative jalur lainnya bisa melewati jalan setapak yang lebih mudah. Hati - hati saat menuju Tiu Klelep, karena batuan di sungainya licin.

3. Air Terjun Penimbungan, Torean, Lombok Utara


Jika Anda mendaki gunung Rinjani melalui pintu masuk Torean akan menjumpai air terjun ini di tengah perjalanan. Letaknya dari pintu masuk sekitar 2 jam. Jika biasanya Anda melewati rute Sembalun dan Senaru. Maka tidak salah jika suatu saat melewati rute Torean ini untuk mendapatan view cantik lainnya dari gunung Rinjani.

Jalur Torean merupakan jalur yang kurang populer di banding 2 jalur lainnya untuk menuju gunung Rinjani. Jalur Torean ini biasa di lewati oleh para peziarah yang melakukan ritual kepercayaannya di Segara Anak maupun di sumber air panas di dekatnya Segara Anak.

4. Air Terjun Aik Genit, Torean, Lombok Utara


Satu jam perjalanan dari air terjun Penimbungan, maka lagi - lagi Anda akan di suguhkan pemandangan air terjun Aik Genit. 

5. Air Terjun Pancor Mas, Torean, Lombok Utara


Letaknya yang jauh dari jalur setapak hiking, membuat air terjun Pancor Mas jarang di kunjungi, meskipun oleh penduduk lokal. Untuk menemukan air terjun ini tidaklah sulit, karena setengah jam perjalanan dari air terjun Aik Genit, akan terlihat air terjun ini dari kejauhan. Pengunjung dapat membandingkan ketinggian air terjun Pancor Mas yang lebih tinggi ketimbang air terjun Aik Genit.

6. Air Terjun Panas Dingin Goa Susu


Masih di jalur Torean, tidak jauh dari Goa Susu, Anda akan menjumpai air terjun yang mengalirkan air panas. Jangan lewatkan momen di air terjun ini untuk mandi di bawahnya karena mandi di air hangat sepertinya mampu memulihkan kelelahan fisik kita.

7. Air Terjun Tiu Pupus, Genggelang, Gangga, Lombok Utara


air terjun di lombok air terjun di lombok

Nama Tiu Pupus sendiri ternyata memiliki sebuah arti yang bermakna, Tiu memiliki arti genangan air sedangkan pupus artinya sebuah akar  yang nampak dari sebatang pohon di tebing sungai. Jadi anda bisa bayangkan bukan bagaimana kenampakan dari air terjun di Lombok ini ? Tinggi dari air terjun yang sekitar 50 meter ini juga memiliki kolam bawah air terjun yang sangat luas dan sedikit dalam udaranya pun cukup dingin karena berada di kawasan pegunungan. Debit air pada musim kemarau biasanya sanagt kecil, walaupun begitu kita tetap bisa mandi di kolam air terjun tersebut Read More

8. Air Terjun Gangga, Lombok Utara


Air Terjun di KLU banyak buangetzz dan jaraknya tidak terlalu berjauhan, salah satunya Air Terjun Gangga. Keunikannya adalah kita bisa berfoto keindahan persawahan dari tebing yang tinggi yang luar biasa keren...Read More

9. Air Terjun Sekeper, Santong, Lombok Utara


Ada air terjun di Lombok Utara yang masih sangat sangat alami, lokasinya tersembunyi sehingga masih jarang orang yang bisa sampai sana, dan konon ini Air Terjun tertinggi di Pulau Lombok, namanya Air Terjun Sekeper yang lokasi tepatny ada di desa Santong, Kecamatan Kayangan, KLU. Read More

10. Air Terjun Mayung Putih, barat Sajang, Lombok Timur


Air terjun Mayung Putik terletak di Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun-Kabupaten Lombok Timur. Jika diukur dari Kota Mataram jarak yang dilewati kurang lebih 173 km atau dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan.

Terdapat 2 alternatif rute jalan yang bisa dilalui melalui Kota Mataram. Rute pertama dengan melewati kawasan Kabupaten Lombok Timur yaitu Mataram - Narmada -Mantang - Kopang - Terara - Sikur - Aikmel - Suwela - Sapit - Lemor - Sembalun Bumbung - Sembalun Lawang - Bira.

Sedang rute kedua melewati jalur Kabupaten Lombok Utara yaitu Mataram - Pusuk atau sepanjang jalan Pantai Senggigi - Pemenang - Tanjung - Gondang - Selengan - Batu Gembung - Desa Senaru - Dasan Grisak - Desa Sambek Elen - Bira. 

11. Air Terjun Kaliage, Sajang, Lombok Timur


Tidak mudah untuk mencapai air terjun yang berada di kawasan Sembalun ini. Di sarankan memakai jasa guide dari pihak Kantor Informasi Rinjani guna menghindari sesuatu yang tidak kita inginkan, yaitu tersesat.

Untuk mencapai air terjun ini memerlukan waktu kurang lebih satu jam perjalanan. Sepanjang perjalanan menuju air terjun Kaliage kita akan di suguhkan padang sabana yang mendominasi.

12. Air Terjun Jeruk Manis, Kembang Kuning, Lombok Timur


Mungkin dari banyak air terjun yang berada di kawasan gunung Rinjani, air terjun Jeruk Manis yang sudah di kelola dengan baik. Di sekitar air terjun ini sudah terdapat homestay, cottage, restoran, dan untuk akses menuju ke sini sangat halus jalan aspalnya. Tidak heran banyak wisatawan yang mengunjungi Pulau Lombok, menyempatkan 1 atau 2 malam menikmati panorama di sekitar air terjun dan desa.

13. Air Terjun Ulem - ulem, Tetebatu, Lombok Timur


Air terjun Ulem - ulem terletak di desa Tete Batu. Ketinggiannya hanya sekitar 5 meter, namun memiliki kolam yang cukup dalam sehingga dapat dijadikan sebagai tempat pemandian. Tempat ini dapat dicapai dengan berjalan kaki dari Tete Batu, namun bagi wisatawan yang datang dari Lendang Nangka disarankan untuk menggunakan kendaraan bermotor.

15. Air Terjun Otak Kokoq, Lombok Timur




16. Air Terjun Mangku Sakti, Sajang
https://twitter.com/widew_/status/527455729225986048
http://www.nusatenggaraindonesia.com/2014/08/mangku-sakti-waterfall.html




17. Air Terjun Benang Stokel, Aik Berik, Lombok Tengah


Benang Stokel memiliki air terjun kembar yang sama - sama menarik untuk berenang di bawahnya. Dari keduanya sisi kiri lebih tinggi dan lebih deras airnya.

Untuk mencapainya kita membutuhkan waktu 30 menit dari pintu masuk. Selain wisatawan lokal, tidak banyak wisatawan mengunjungi air terjun ini. Alasannya karena tidak adanya angkutan umum yang membawa ke lokasi air terjun Benang Stokel ini.

18. Air Terjun Benang Kelambu, Aik Berik, Lombok Tengah


Jika Anda berhasrat melakukan perjalanan ke air terjun Benang Kelambu, maka di srankan mersiapkan fisik Anda dengan baik. Karena medan yang Anda lalui sangatlah curam, seperti jalur hiking pada umumnya. Untuk menuju air terjun ini membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam melewati kerimbunan hutan.
Segala perjuangan yang melelahkan akan terbayar sudah manakala pengunjung mencapai lokasi. Karena suguhan air terjun setinggi 40 m ini membuat kita terpaksa berdecak kagum. Bagaimana tidak, bentuknya sangat unik, dan jarang air terjun dengan bentuk seperti air terjun Benang Kelambu ini.

19. Air Terjun Segenter, Pakuan, Narmada, Lombok Barat
Ternyata Ada Air Terjun baru, namanya "Segenter" dan Taman Hutan Raya "Nuraksa" Lombok. lokasinya ada di Dusun Kumbi, Desa Pakuan, Kecamatan Narmada, Lombok Barat, NTB. 
rutenya melewati Sesaot kemudian terus keatas melewati Dusun Kumbi sampai ketemu Gapura Taman Hutan Raya Nuraksa, masuk ke pos jaga, dari pos jaga sekitar 2,6 km sampai air terjun Segenter.Read More

20. Air Terjun Tibu Topat, Lombok Timur

Lokasinya berada di desa Tete Batu, kec Sikur.
Air terjun ini masih sangat asing, sehingga saya belum bisa menjelaskannya secara detail

Maaf kalo postingan ini masih nggak tertata, soalnya sedang ditambah terus biar lengkap.!!!!!!

Main source : http://www.belantaraindonesia.org/2012/02/12-air-terjun-di-sekitar-rinjani.html
Editor and Completer: lomboknesia.blogspot.com

7 comments:

  1. air terjun mayung putek itu asal mulanya gmn ya? knp bisa warna airnya sperti itu

    Paket Wisata Lombok
    Mutiara Lombok

    ReplyDelete
  2. Lengkapi gan, bisa minta kontaknya gan...mau tanya2 tempat :)

    ReplyDelete
  3. Ada beberapa Foto yang ditampilkan tidak sesuai dengan nama air terjun, seperti air terjun kalijage, apa itu nama lain dari mangku sakti ato bukan, sy mungkin kurang informasi, tp fotonya sama dengan mangku sakti

    ReplyDelete
  4. Enchantment tour of lombok island

    visit = https://touringlombokislan.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  5. Di kampung saya pun banyak air terjun, tepat di pedalaman hutan ( kaki gunung rinjani ) namun sampai saat ini belum banyak orang yang mengetahui hal itu

    ReplyDelete