Tuesday, December 30, 2014

OBJEK WISATA DI LOMBOK TIMUR
LombokNesia-Belum banyak yang tau bagaimana sebenarrnya keindahan tersembunyi di balik Lombok Timur. Kabupaten ini memiliki panorama alam yang tak kalah indah dengan daerah lain di Pulau Lombok. Berikut beberapa tempat wisatanya: 

1.    Keindahan di Balik Pantai Kaliantan
Pantai Kaliantan merupakan salah satu kawasan wisata dibagian selatan Kabupaten. Lombok Timur tepatnya di wilayah Kecamatan Jerowaru. Pantai Kaliantan dapat ditempuh melalui route perjalanan dari Kota Mataram kearah Timur menuju Kabupaten Lombok Timur dengan waktu tempuh 1(satu) jam dilanjutkan ke arah Selatan melalui Kecamatan Sikur – Sakra – Keruak – Jerowaru – Pemongkong – Kaliantan dengan tambahan waktu tempuh kurang lebih 90 menit.
Waktu tempuh untuk mencapai pantai Kaliantan dari pusat Kecamatan Jerowaru sekitar 30 menit dengan jarak tempuh ± 23 km, dan dari Bandara 2,5 jam dengan jarak tempuh ± 92 km. Selain daya tarik panorama alam pantai Kaliantan maka salah satu Atraksi Wisata yang dimiliki Pantai Kaliantan adalah adanya kegiatan seremonial budaya berupa upacara Bau Nyale. Bau Nyale merupakan pesta rakyat untuk menangkap hewan laut berupa/sejenis cacing laut. Acara ini berlangsung antara bulan Februari – Maret dimana hampir sebagian penduduk pulau Lombok datang ke pantai ini untuk mengikuti berbagi rangkaian acara yang diselenggarakan oleh sebagian masyarakat Lombok, Nyale atau hewan laut sejenis cacing ini menurut kepercayaan sebagian masyarakat sekitar memiliki khasiat dan dapat membawa berkah, misalnya akan dapat mengusir berbagai macam penyakit/hama tanaman yang ada di ladang, sehingga dipercaya dapat meningkatkan hasil pertanian.
Daya tarik wisata lain dari Pantai Kaliantan ini adalah kondisi fisik kawasan pantai yang memiliki ciri khas antara lain : Jenis material pasir yang warna dan bentuknya menyerupai merica, serta terumbu karang yang masih menampakkan kelestariaanya sehingga menjadi obyek bagi kegiatan Snorkling dan gelombang laut yang cukup memadai untuk berselancar..

2.    Tanjung Bloam

Tanjung Bloam merupakan daerah konservasi penyu yang berhabitat disekitar tebing-tebing dan sepanjang garis pantai yang membentang dari ujung selatan dan Utara. Lokasi Tanjung Bloam ini dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda empat sampai ke lokasi tujuan. Tanjung Bloam dapat ditempuh melalui route yang sama dengan Pantai Kaliantan, karena jaraknya relatif dekat dari Pantai Kaliantan.

3.    Gili Sunut
Permalink gambar yang terpasang

Gili Sunut terletak di Dusun Temeak Desa Pemongkong Kec. Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Gili Sunut merupakan Kawasan yang memiliki garis sejajar dengan Kawasan Tanjung Ringgit. Kondisi fisik kawasan pantai ini cenderung landai, berpasir putih dengan tekstur butiran seperti merica dengan karakter air yang tidak berombak dan relatif tenang, karena terdapat pulau-pulau/gili-gili kecil sebagai penghalang ombak samudra Indonesia/Hindia. Kondisi inilah yang sangat mendukung untuk pengembangan atraksi wisata berupa rafting, banana split atau kegiatan wisata pantai, menyelam, maupun sekedar menikmati panorama pemandangan alam. Ditengah pantai terdapat tiga pulau yang oleh masyarakat setempat disebut dengan Gili Petelu.
Saat ini Gili Sunut dihuni oleh 109 kepala keluarga dengan mata pencaharian utama adalah sebagai nelayan. Kondisi umum Gili Sunut dalam mendukung kegiatan wisata cukup potensial terutama untuk pengembangan wisata dan pengembangan usaha budidaya mutiara.

4.    Tanjung Ringgit (Pantai Fotografer)


Tanjung Ringgit berada di ujung Timur-Selatan Pulau Lombok, Tanjung Ringgit menghadap ke pulau Sumbawa. Alamnya sungguh menakjubkan, indah, tidak sia-sia menempuh jalan yang berliku dan cukup sulit untuk mencapai Tanjung Ringgit. Dari tempat ini kita juga dapat menyaksikan Rinjani yang menjulang tinggi di kejauhan. Begitu banyak aktivitas yang dapat anda lakukan di sini, mulai dari hunting foto (sunrise di Tanjung Ringgit sangat indah), menyusuri lereng perbukitan, menguji keberanian dengan melompat dari ujung tebing ke laut yang dalam ( dijamin anda tidak akan berubah menjadi Nyale seperti dalam kisah Putri Mandalika), berperahu, snorkeling, dan memancing.
Tanjung Ringgit adalah hutan lindung, yang sebagian dikelola dan dimanfaatkan oleh masyarakat, tapi tetap milik Negara. Keindahan tempat ini mengundang niat banyak pihak untuk menguasainya dengan beragam cara. Keindahnya Tanjung Ringgit mendapatkan perhatian besar dari pemerintah setempat tentang bagaimana peruntukkan dan pengelolaannya. Sebagai catatan tambahan, Kawasan Tanjung Ringgit tidak jauh dari pusat sesar / patahan besar yang sewaktu waktu dapat aktif dan menimbulkan gempa bumi yang kuat. Menjadikan kawasan Tanjung Ringgit sebagai sebuah taman safari tampak sebagai sebuah pilihan bijak, karena dengan demikian keindahan tempat ini dapat dinikmati oleh banyak orang sementara keindahan dan keunikannya dapat terus dipertahankan dan dilestarikan.
Disekitar Tanjung Ringgit terdapat rangkaian Goa-goa peninggalan jaman Jepang, sebagai jejak pendaratan Jepang Dalam Perang Dunia II sekitar tahun 1942. Pada waktu itu Jepang mendarat di Wilayah Pemongkong Tanjung Ringgit dan menguasai daerah sekitarnya, untuk menghadapi serangan sekutu,tentara jepang membangun jalur bawah tanah dan goa-goa disekitar wilayah tersebut sebagai pertahanan, yang sampai saat ini jalur bawah tanah dan goa tersebut masih ada, dan dikenal dengan nama Goa Jepang/Tangsi.
Selain goa Jepang ada juga peninggalan bersejarah lainya yaitu Meriam Jepang, meriam ini juga merupakan jejak Perang Dunia II yang diletakkan menghadap ke samudera Hindia yang ditujukan untuk menyerang tentara-tentara sekutu yang akan masuk ke daerah tersebut. Meriam Jepang ini memiliki panjang 5 meter, dengan diameter luar 27 cm, diameter dalam 16cm dan keliling belakang 50 cm.

5.    Tanjung Perak dan Tanjung Cina

Kawasan Pantai Tanjung Perak dan Tanjung Cina merupakan kawasan pantai yang terletak paling ujung Selatan wilayah Kab. Lombok Timur, tepatnya berada dalam wilayah Kec. Jerowaru dan Desa wilayah Kecamatan. Jerowaru dan Desa Pemongkong.
Tanjung Perak dan Tanjung Cina merupakan kawasan pantai berdataran tinggi / bukit dengan topografi berupa tebing-tebing curam. Kawasan ini dapat dicapai dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari pusat desa atau kurang lebih 2,5 jam dari Bandara sekitar dan berjarak lebih kurang ±90 km. Tanjung Perak dan Tanjung Cina menyuguhkan pemandangan pantai dengan nuansa lain, karena dari lokasi ini dapat dilihat panorama Samudera Indonesia atau dikenal dengan Samudra Hindia.
Dari ketinggian topografi bukit karang yang dimiliki .Tebing-tebing ini merupakan pemandangan alam yang menarik untuk dinikmati, disamping karena strukturnya yang eksotik sebagai hasil bentukan alam, tetapi juga tekstur batuannya penyusunnya memiliki gradasi warna yang menarik.
Selain panorama alamnya , kawasan Tanjung Perak dan Tanjung Cina ini memiliki obyek lain yang dapat dijadikan tujuan wisata.

6.    Pantai Ekas

Kawasan Ekas merupakan salah satu Kawasan Pantai dengan kondisi pantai berupa Teluk. Kondisi pantai kawasan ini merupakan pantai yang berpasir putih terhampar luas dengan ombak kecil. Kawasan ini juga merupakan kawasan yang sebagian lokasinya merupakan kawasan hunian nelayan (Kampung Nelayan).
Potensi yang dapat dikembangkan adalah kegiatan wisata alam/pantai dengan aktifitas wisata seperti penyelaman dangkal (Diving) dan menikmati panorama pantai dengan seluruh aktivitas yang ada. Fasilitas pendukung yang dapat dikembangkan dikawasan ini terutama adalah akomodasi wisata serta fasilitas dan utilitas pendukung lainnya seperti prasarana jalan, perdagangan dan komunikasi.
Faktor-faktor pendukung yang menjadikan kawasan ini memiliki nilai tambah adalah dengan dimilikinya keaneka ragaman ekosistem pantai, dan topografinya yang landai memberikan kesan lapang dan panorama yang indah untuk menikmati saat matahari terbit (Sun Rise) dan matahari terbenam (Sun Set).
Kawasan Wisata pantai Teluk Ekas terletak pada ujung selatan Lombok Timur terletak di Desa Pemongkong Kec. Jerowaru Kab. Lombok Timur. Jarak tempuh kurang lebih selama 15 menit dari pusat Kota Kecamatan ke arah selatan dan kira-kira dari bandara Selaparang berjarak tempuh 2 jam dengan jarak tempuh ± 80 km. Teluk Ekas merupakan kawasan yang berada dalam satu jalur dengan wisata pantai Surga, Pantai Kaliantan, dan Pantai Cemara.


7.    Pantai Surga

Kawasan pantai ini merupakan salah satu kawasan pantai yang berada satu jalur dengan kawasan pantai Ekas. Pantai ini mempunyai Panorama alam yang mempesona, dengan kawasan pantai berpasir putih dengan granular pasir seukuran biji merica. Dengan kondisi dan panorama alam yang cukup menarik maka pantai surga mempunyai potensi untuk dikembangkan lebih lanjut. Selain potensi alam kawasan Pantai ini memiliki Potensi ekonomi unggulan yaitu budidaya Mutiara dan rumput laut yang dikelola oleh beberapa Perusahaan yang bermitra dengan masyarakat setempat.
Faktor-faktor pendukung yang menjadikan kawasan ini memiliki nilai tambah adalah dengan dimilikinya keaneka ragaman ekosistem pantai, dan topografinya yang landai memberikan kesan lapang dan panorama yang indah untuk menikmati saat matahari terbit (Sunrise) dan matahari terbenam (Sunset).
Sepanjang bentangan alam pantai yang ada, maka dominasi hamparan pasir putih dan tebing-tebing yang curam yang nampak. Kondisi air yang biru dan jernih pada kawasan ini masih terjaga dengan panorama bawah air yang memukau, sehingga aktivitas wisata berupa diving untuk melihat keindahan bawah laut sangat sesuai untuk kawasan ini.
Pantai sorga terdapat di Dusun Sungkun Desa Pemongkong Kecamatan Jerowaru. Akses untuk menuju ketempat ini relatif mudah dengan kondisi jalan yang oleh Pemda Lombok Timur terus dibenahi. Berdasarkan potensi yang dimiliki Pantai Surga sangat sesuai untuk beberapa aktivitas wisata seperti : memancing, berenang, dan menyelam untuk menikmati panorama bawah laut. Read More


8.    Gili Bagek / Gili Kondo
Mengintip Gili Kondo

Pulau kecil ini terletak di Perairan Kecamatan Sambelia (50km utara kota Selong) dan dapat dicapai melalui pantai transat di Kecamatan Sambelia (sekitar 25 menit) dan pelabuhan Kayangan Labuhan Lombok (sekitar 45 menit). Meski di pantai transat pasirnya berwarna hitam namun di gili lampu dan beberapa gili di sekitarnya berpasir putih.
Di gili tidak berpenghuni ini, kita bisa menikmati alam bawah laut dengan snorkeling. Selain gili bagek, ada pula gili petagan dan gili-gili lainnya yang berada di sekitar kawasan tersebut. Untuk pengembangan pulau-pulau kecil ini sesuai dengan tata ruang wilayah Provinsi NTB tidak ada pembangunan fisik di Pulau itu, namun hanya menjadi tempat tujuan wisata.

9.    Gili Sulat dan Gili Lawang
Lombok Timur

Gili Sulat adalah sebuah pulau kecil yang terletak 1,5 km di sebelah timur laut Pulau Lombok. Pulau yang memiliki panjang maksimum 5,2 km ini secara administratif termasuk wilayah Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Sejauh 500 meter di sebelah barat laut ini terdapat Pulau Gili Lawang.
Gili Sulat dan Gili Lawang merupakan pulau kecil (gili) yang sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai tujuan wisata alam (eco tourism) karena memiliki potensi berupa hutan bakau dan taman bawah laut yang sangat indah. Keseluruhan kedua gili ini terdiri dari hutan bakau namun sebenarnya ada juga sebagian kecil yang merupakan pasir putih, dan pada musim tertentu kawanan lumba-lumba akan menampakkan diri di daerah ini.


10.    Lembah Hijau

Lembah Hijau terletak di Desa Ijobalit kecamatan Labuhan Haji sekitar 7 km arah Timur kota Selong, Lombok Timur. Di Lembah hijau ini terdapat beberapa berugak yang merupakan tempat untuk bersantai menikmati kehijauan alam yang mempesona memukau menyejukkan hati. Kehijauan kolam renang berukuran besar yang dikelilingi pepohonan yang berbaris mengelilingi kolam renang. Tidak hanya itu di tempat ini juga terdapat warni – warni bunga yang menghiasinya. Merupakan tempat yang romantis untuk berlibur bersama sang pujaan hati.

11.    Sembalun (Pemandangan Eksotis dari Sembalun)


Sembalun merupakan objek wisata yang sangat disayangkan untuk dilewati apabila anda mengunjungi objek wisata di Lombok Timur. Sembalun merupakan sebuah desa yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang luar biasa. Dengan berkunjung ke desa ini anda bisa mendapatkan beberapa hal baru yang akan membuat warna baru dalam hidup anda. Sembalun merupakan salah satu gerbang menuju puncak Gunung Rinjani dan danau Segara Anak, selain itu sembalun juga mempunyai banyak kebudayaan salah satunya adalah Bale Baleq yang merupakan kebudayaan dari masa lampau yang masih terus dilestarikan sampi sekarang dan beberapa sejarah tentang kebudayaan islam serta kerajaan Majapahit. Di Sembalun ini juga terdapat beberapa jenis buah buahan seperti strowberi. Read More


12.    Aiq Temer / JerMan (Jeruk Manis) Waterfall

Air terjun ini terletak di Desa Kembang Kuning  Kecamatan Sikur. Dekat dengan desa Tete Batu sekitar kaki Gunung Rinjani. Objek wisata ini berada pada ketinggian 600-1000 meter dari permukaan laut dengan temperature 150c- 250C . Air terjun ini dikelilingi oleh pemandangan alam yang sungguh luar biasa. Air terjun yang dingain dan segar dikelilingi tumbuhan hijau yang lebat. Di samping itu terdapat fauna monyet hitam yang menghuni hutan ini. Tempat ini mempunyai dua aliran sungai yang sangat menarik untuk anda yang senang berpetualang karena ada tiga air terjun yang menunggu anda seperti; Jukut, Jeruk Manis dan Mayung Putih. menurut orang-orang sekitar, air terjun ini bisa menyembuhkan penyakit dan khususnya bisa menumbuhkan rambut. Tetapi sebelumnya harus melakukan upacara agama yang dipimpin oleh pemangku. Read More

13.    Tete Batu

Tete Batu merupakan objek wisata yang berada pada ketinggian 700 meter dari permukaan laut. Dengan pemandangan dan suasana udara di pedesaan, anda dapat mengenal dan mengetahui bagaimana kehidupan penduduk desa di Tete Batu ini. Di sini terdapat beberapa akomodasi seperti hotel Soedjono dan Green Orry Cottage yang menyediakan penginapan dengan kamar yang bagus dan restoran. Menginap di Tete Batu merupakan pilihan terbaik untuk menikmati semua pemandangan di sekitar penginapan ini seperti air terjun Otak Kokoq, air terjun Aik Temer dan lain-lain.

14.    Otak Kokoq/Joben


Objek wisata ini berada di Lunggu, Desa Montong Betok Kecamatan Montong Gading sekitar 40 Km dari kota Mataram. Otak kokoq merupakan objek wisata yang terkenal dengan air terjunnya yang dipercaya dapat menyembuhan berbagai macam penyakit kulit. Untuk membuktikan adanya suatu penyakit pada seseorang air terjunnya akan berubah menjadi keruh seperti Lumpur dan apabila airnya jernih maka tidak ada penyakit pada orang itu. Di tempat ini kita akan menemukan dua kolam renang untuk mandi. Selain itu di objek ini terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan pernak pernik kerajinan khas Lombok. Pemandangan alam di objek ini cukup bagus, tak heran jika objek wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama pada hari libur.

15. Air Terjun Mayung Putih, barat Sajang, Lombok Timur


Air terjun Mayung Putik terletak di Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun-Kabupaten Lombok Timur. Jika diukur dari Kota Mataram jarak yang dilewati kurang lebih 173 km atau dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan. Read More


16. Air Terjun Kaliage, Sajang, Lombok Timur



Tidak mudah untuk mencapai air terjun yang berada di kawasan Sembalun ini. Di sarankan memakai jasa guide dari pihak Kantor Informasi Rinjani guna menghindari sesuatu yang tidak kita inginkan, yaitu tersesat.
 Read More

Foto: Air Terjun keren dan tersembunyi dipedalaman Sajang, Sembalun.

Air terjun Mangku Sakti. 
Airnya putih, hangat, itu yang membuat tempat in berbeda dengan air terjun pada umumnya.

Thanks to Mr. #Nata_Adhy :D

Air Terjun keren dan tersembunyi dipedalaman Sajang, Sembalun.
Air terjun Mangku Sakti. 
Airnya putih, hangat, itu yang membuat tempat in berbeda dengan air terjun pada umumnya.
Lombok Itu Indah
Thanks to Mr. 
#Nata_Adhy


17. Air Terjun Ulem - ulem, Tetebatu, Lombok Timur


Air terjun Ulem - ulem terletak di desa Tete Batu. Ketinggiannya hanya sekitar 5 meter, namun memiliki kolam yang cukup dalam sehingga dapat dijadikan sebagai tempat pemandian. Read More
18. Pantai Sungkun

Pantai Sungkun adalah Pantai baru yang fenomenal di Lombok. Kini pantai ini sedang banyak dibicarakan di media sosial. Pantai ini memiliki keunikan pada pasirnya yang tersusun sejajar dengan bebatuan karang di Pinggirnya. Daya tarik utama pantai ini adalah gili berbentuk tebing mirip seperti kura-kura. Read More

19. Pink Beach
Pantai yang terletak 2km seblum tanjung Ringgit ini merupakan pantai yang sedang hot. Karena keunikan pasir pantainya yang berwarna Pink. Warna pink itu berasal dari perpaduan pasir yang berwarna merah, putih dan sedikit hitam. Di pantai ini juga terdapat Gua yang menjadi tempat persembunyian pasukan Jepang pada perang Dunia II.

20. Rinjani & Segara Anak
Kedua kenampakan Alam ini sudah sangat terkenal sejagad. Hampir semua orang tahu tentang Rinjani. Gunung yang menjadi ikon Lombok ini sudah menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl dan memiliki anak yang bernama gunung Baru Jari (Baru Jadi) yang dikelilingi oleh Danau Segara Anak. Menurut Sejarawan Awalnya Rinjani memiliki ketinggian lebih dari 5000 m. Namun karena letusan Rinjani pun seperti terpotong dan menghasilkan danau di tengahnya.


image by lomboknesia.blogspot.com and google

source http://www.wisatapulaulombok.com/wisata-lombok-timur/

18 comments:

  1. keindahan tanjung bloam yang menonjol yaitu pemandangan 2 batu cadas yang menggapit tanjung bloam.

    ReplyDelete
  2. wow..kereen,,,kapan bisa kesini yah,,hmm >,<"

    ReplyDelete
  3. temukan juga tempat wisata lombok tengah dengan berbagai macam keindahan alam dan budayanya http://lomboknesia.blogspot.co.id/2014/12/20-tempat-tempat-wisata-pesona-alam.html

    ReplyDelete
  4. Pesona di Lombok Timur sangat mempesona. Hemmm keren banget pantai pink keren...

    ReplyDelete
  5. http://sellasx.blogspot.com/2017/05/patung-garam-8-ton-dipertunjukkan-di.html?view=classic

    ReplyDelete
  6. mesti nyobain lgi nih, pernah liburan ke lombok emg memanjakan mata banget disana tuh

    http://www.marketingkita.com/2017/08/expedisi-pengiriman-dalam-ilmu-marketing.html

    ReplyDelete
  7. aduh Pengen banget ke Gili Terawangan sama Rinjani ;-(

    kalo mau ke surabaya cek infonya di sini ya. ayosurabaya.online

    ReplyDelete
  8. will be back here....on Holiday

    ReplyDelete
  9. Permainan Poker Paling Seru Bersama Winning303...
    Menghadirkan IG poker & IDN poker ....

    Dengan 1 User ID, Sudah Dapat Bermain 8 Games Kartu Populer :
    1. Texas Poker
    2. Omaha Poker
    3. Domino QQ
    4. Ceme Keliling
    5. Bandar Ceme
    6. Capsa Susun
    7. Bandar Capsa
    8. BIG 2

    Bonus New Member Slot 15%
    Bonus New Member Poker 10%
    Bonus New Member Sabung Ayam 10%
    Bonus New Member Sportsbook & Live Casino 20%
    Bonus Deposit 10% Setiap Hari
    Bonus Deposit 10% Slot Setiap Hari
    Bonus Deposit Sabung Ayam 5%
    Bonus Cashback 5-10%
    Bonus 100% 7x Kemenangan Beruntun Sabung Ayam
    Diskon Togel Hingga 65%
    Bonus Rollingan Slot 1%
    Bonus Rollingan Poker dan Live Casino 0.5%

    Tunggu Apa Lagi, Ayok Segera Daftarkan Diri Anda Bersama Kami Di Winning303
    Dapatkan juga berbagai macam Bonus menarik dalam bermain Poker bersama kami.

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

    - WA : +6287785425244

    ReplyDelete
  10. SITUS JUDI SLOT & SABUNG AYAM ONLINE TERBARU INDONESIA

    CLUB388CASH adalah situs judi casino online terpercaya 2021 yang sudah sangat diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

    Menerima Deposit Via Pulsa Tanpa POTONGAN!

    Dengan jumlah deposit yang terjangkau sudah bisa memainkan semua permainan yang tersedia.
    Minimal Deposit Rp.10.000,-
    Minimal Withdraw Rp.50.000.-

    Yuk Buruan Join Sekarang Bersama Kami Di CLUB388CASH Situs Judi Slot Online Indonesia Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Mendapatkan JACKPOT!

    Join bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
    Bonus New Member 10%
    Bonus Harian 5%

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR JUDI SLOT ONLINE

    KONTAK :
    WhastApp: 0819-1005-3031

    Judi Slot Online Club388
    Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Poker Online
    Situs Poker Online
    Situs Poker Deposit Pulsa

    ReplyDelete
  11. DAFTAR AHLIBET88 sekarang juga untuk dapatkan bonus kemenangan ratusan juta rupiah setiap hari

    ReplyDelete