Monday, December 8, 2014


Bagi Anda yang suka berpetualang dan suka dengan adegan menantang, maka lokasi ini sangat tepat sebagai pilihan liburan Anda, yaitu Air Terjun Tibu Ijo di Desa Kekait, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Nusa Tenggara Barat (NTB). Di sana, Anda dapat menikmati pemandangan perbukitan, kebun aren, dan suasana alam yang masih sangat alami.
Air terjun ini di namakan Tibu Ijo, karena di bawah air terjun terdapat kolam yang tidak memiliki dasar, sehingga kolam tersebut berwarna hijau. Menuju Air Terjun Tibu Ijo, Anda harus menempuh perjalanan selama 45 menit dengan berjalan kaki. Tapi jika sudah berada di sana, rasa lelah Anda selama perjalanan akan segera terobati, karena di bawah Air Terjun ini banyak terdapat kolam-kolam kecil bersusun alami. (Menurut saya Tibu itu adalah air yang menggenang yaitu kolam. Di bahasa sasak Tibu itu adalah penutup/penghambat aliran air).
Sensasi melompat dari batu ke kolam hijau tidak akan bisa Anda lupakan, sehingga membuat Anda merasa ketagihan untuk kembali lagi ke sana. Di kawasan Air terjun ini tidak tersedia kamar ganti untuk mengganti pakaian. Jadi jangan lupa membawa kain atau sarung untuk mengganti pakaian Anda. Jangan lupa juga untuk membawa minuman dan makanan, karena tidak ada pedagang di kawasan hutan aren ini.
Selain aktivitas berpetualang ringan, seperti tracking atau camping, selama di sana Anda dapat melihat langsung kegiatan warga Desa Kekait ini. Salah satunya, memanen pohon aren untuk diolah menjadi gula aren yang legit. Selain itu, ada panen “Tuak Manis” (minuman yang terbuat dari pohon aren). “Tuak Manis” ini sangat menyegarkan untuk diminum dan dapat menambah tenaga serta baik bagi kesehatan tubuh, karena sangat alami.
Gula aren dan tuak manis, bisa dijadikan buah tangan selepas berpetualang ke Air Terjun Tibu Ijo, karena tidak susah mendapatkannya. Betapa tidak, mayoritas warga desa memproduksi keduanya dan di jajakan di sepanjang jalan. Air Terjun Tibu Ijo ini dapat ditempuh sekitar 20 menit atau sekitar 13 kilometer dari Kota Mataram.
Di kaki bukit ada salah satu rumah warga yang menyediakan lahan untuk parkir dan menitip kendaraan Anda dengan membayar parkir Rp 2 ribu. Tidak ada karcis masuk menuju obyek wisata ini. Jadi, bagi Anda yang suka berwisata minat khusus, segera ambil ransel kecil Anda dan jelajahi Air Terjun Tibu Ijo.
Selamat mencoba.
Film Lombok
http://www.lombokmagazine.com/berita/holiday/mari-nikmati-segarnya-air-terjun-tibu-ijo/

1 comments:

Post a Comment