Tuesday, December 9, 2014

LombokNesia-Nah ada lagi ni sebuah tempat wisata baru yang terkenal karena keunikannya, yaitu sebuah bukit yang menyisakan tebing di pinggir pantai. Karena itu pantai ini dikenal dengan sebutan Pantai Bukit Tebing.

Pantai Tebing Lombok Utara
7og4nk.blogspot.com
Pantai Tebing Lombok Utara adalah pantai dengan pasir hitam dengan sebuah tebing di sebelah selatan dengan ketinggian kurang lebih 20 meter, Pantai Tebing tergolong pantai yang sangat bersih baik di daratan maupun di dalam lautnya, kebersihan yang senantiasa terjaga bisa anda buktikan dengan tumbuh suburnya karang karang di pantai ini. Pantai Tebing ini terletak di Dusun Luk Desa Sambik Bangkol Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. tepatnya ada di belakang SMPN 2 Gangga, Lombok Utara.

Cara menuju Pantai Tebing Lombok Utara, dari ibu kota Mataram menuju lokasi Pantai Tebing membutuhkan waktu sekitar satu jam setengah dengan jarak tempuh sekitar 80 km menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan kendaraan umum seperti bis engkel maupun taxi, Sedangkan dari pusat kota Tanjung membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit ke arah timur


Ternyata untuk menemukan pantai ini sangat mudah, kita tinggal cari aja SMPN 2 Gangga, nah jalan masuknya ada setelah kita melewati SMP ini (kalau dari arah Mataram). Jalan masuknya kecil, cuma cukup buat motor, jadi kalau kalian bawa mobil. parkir aja di pinggir jalan utama, terus lanjut jalan kaki menuju pantai nya, gak jauh kok, palingan cuma 200 meter dr jalan raya.

Disana terlihat sudah ada 3 orang, mereka adalah wartawan dari Sindo TV wilayah Lombok. Ngobrol ngobrol dah kita mengenai pantai ini, mereka ternyata sudah nanya ke Nelayan mengenai nama pantai ini, nah dari info nelayan, namanya Pantai Balihai, kenapa dinamakan balihai? Katanya sih karena di deket sini ada gudang Balihai Beer. Lain lagi menurut 3 orang anak pantai ini namanya Pantai Luk, karena lokasinya di Dusun Luk. Tetapi di facebook, ada yang bilang itu Pantai Montong Pal, kalau di peta sih, pantai tebing ini memang berada di sebelah Pantai Montong Pal.
 
http://diditpharm.blogspot.com/
Catatan:
Belum banyak yang mengetahui posisi pantai ini, jadinya saya akan mempromosikan pantai ini melalui tulisan saya di blog ini beserta beberapa foto yang saya dan adik saya miliki tentang keindahan tebing serta pantainya yang cukup tenang dan membuat kita enjoy. Sebenarnya terbentuknya tebing ini awalnya dari pembentukan endapan awan panas yang mengandung fragmen koral hasil tsunami akibat dari letusan Gunung Tambora tahun 1815. Jadi jangan heran jika melihat bentuk tebingnya yang seperti batu kapur yang mudah pecah. 

Peta Lokasi Pantai Tebing / Balihai / Luk

Source: 
http://7og4nk.blogspot.com/2008/09/tentang-si-7og4nk-n-ama-saya-r-osihan-z.html
http://www.berbagifun.com/2014/08/pantai-tebing-di-lombok-utara.html
http://diditpharm.blogspot.com/2014/11/belusukan-to-tebing-beach-lombok-island.html

Editor:
lomboknesia.blogpsot.com

1 comments:

  1. wah pantai tebing ini kayakanya keren sekali mas... semoga bsia mencapainya dan mudah ditemukan aamiin.....

    ReplyDelete