Wednesday, December 24, 2014



Tenun Khas Lombok Disajikan Dalam Pagelaran Busana di Indonesia Fashion Week 2013, Minggu (17/2). I Foto: Ratih/ IRNews
@IRNewscom | Jakarta: EMPAT desainer ternama, yakni Irna Mutiara, Dwi Iskandar, Linda Hamidy Grander, dan Ipoel Daeng Hasanung sedang sama-sama gandrung dengan motif asli budaya Indonesia yaitu tenun NTB. Keempatnya pun didukung Dekranasga guna mengembangkan motif tenun khas Lombok itu.


Dalam mengolah motif itu, Irna Mutiara yang identik dengan busana muslimah itu berkisah, "Saya jatuh cinta terhadap hasil karya para perajin di NTB yang ternyata punya banyak potensi." 



Irna yang kali ini menghadirkan koleksi bertema Treasure Trove, Reneo by Irna Mutiara ini mengaku juga melakukan perjalanan ke Lombok dan berhasil menciptakan rancangan busana muslim menggunakan kekayaan tekstil kain tenun dengan pewarna alam.



Penemuan kain menggunakan pewarna alam menghasilkan warna yang berkesan natural juga menggunakan motif tradisional sederhana seperti motif salur geometris yang memberi kesan modern dan kontemporer.



Dirjen IKM Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Euis Saedah yang juga merupakan penceuts brand Reneo juga mengakui keunggulan tenun NTB. 



"Saya malah kagum dengan semangat para warga Lombok, seperti para istri gubernur dan bupati yang begitu antusias dengan proyek ini," katanya. 



Hal itu terlihat dari hadirnya istri Gubernur NTB sekaligus Ketua Dekranasda NTB Rabiatul Adawiyah. 



Eksotika tenun NTB bakal dihadirkan di Plennary Hall JCC, Minggu (17/2), di hari terakhir perhelatan Indonesia Fashion Week. [rth-13]



Sumber Berita: www.indonesiarayanews.com


http://indonesiarayanews.com/read/2013/02/18/45880/news-fashion-02-18-2013-06-23-empat-desainer-ternama-kembangkan-tenun-khas-lombok#ixzz3Ms8ixbxl

0 comments:

Post a Comment