Friday, November 28, 2014



Upacara adat metulak memiliki nilai-nilai yang penting bagi orang Sasak, antara lain:

  1. Nilai kebersamaan. Nilai ini tercermin dalam proses persiapan upacara yang dilakukan oleh warga desa. Rasa kebersamaan sebagai satu keluarga besar yang saling membutuhkan dalam kehidupan sosial seakan lebur dalam prosesi ini. 

  1. Nilai ketaatan pada agama dan adat. Upacara metulak merupakan perintah adat sekaligus terpengaruh oleh tradisi dalam agama Islam, misalnya dalam prosesi khitan dan memotong rambut bayi. Upacara ini mencerminkan bahwa masyarakat Sasak adalah pemeluk agama Islam dan penjaga adat yang taat

  1. Nilai simbol. Nilai ini tercermin dari simbol atau makna dari syarat-syarat upacara. Misalnya, tape (poteng) merupakan simbol daging manusia, tebu simbol tulang, sumping simbol sum-sum, jongkong simbol isi dalam tubuh, tombek simbol isi dalam tubuh, ketupat dan tekel simbol pria dan wanita, dan rowut simbol kehidupan.

  1. Nilai melestarikan tradisi. Nilai ini tercermin dari pelaksanaan upacara itu sendiri. Upacara adat metulak merupakan tradisi leluhur Sasak. Oleh karena itu, pelaksanaan upacara ini merupakan upaya mereka untuk melestarikan tradisi leluhur. 

Source: http://www.kaskus.co.id/thread/546e83a60e8b46e501000002/?ref=homelanding&med=hot_thread

0 comments:

Post a Comment