Wednesday, October 22, 2014




ExploreLombok-postingan kali ini cocok untuk teman-teman suka dan ingin trekking. Pingin mendaki rinjani?? tapi tenaga, waktu,/bekal  tidak cukup. Cobain aja nih manjat miniatur Rinjani/bukit Pegasingan. Dijamin tidak kalah indah dengan rinjani.

Sejarah
      Pegasingan di ambil dari nama permainan gasing khas lombok (sebuah ukiran kayu yang diputar menggunakan tali/alit). Pada zaman dahulu di puncak di puncak bukit ini biasanya tokoh-tokoh dulu mengadu kepintarannya bermain gasing. Karena itu bukit ini disebut Pergasingan/Pegasingan.

Topografi
     Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 1.700 mdpl, berada di kawasan jejeran perbukitan di timur Sembalun Lawang, dan meiliki puncak yang datar. Dari puncak bukit anda dapat menyaksikan keindahan alam seperti di sebelah selatan bukit ini adalah Sembalun, sebelah barat adalah gunug Rinjani, sebelah utara laut Flores, dan timur elat Alas, pulau Sumbawa, dan gunung Tambora

Pendakian
     Pendakian memakan waktu sekitar 3 jam. Jika ingin camping anda sebaiknya menginap, karena anda dapat menyaksikan Sunset dan Sunrise seperti yang ada di puncak rinjani. Trek pendakian bukit ini tidak securam Rinjani, namun di beberapa titik kemiringan mencapai 65 derajat. Jadi anda harus membawa peralatan yang lengkap.

Bagi anda yang ingin menikmati alam pegunungan hingga puas, disarankan anda untuk membawa perlengkapan untuk menginap, karena anda akan menyaksikan Sunset & Sunrise. Jika ingin tahu lebih banyak dan ingin menyewa tenda, dll silakan hub: WISNU pin: 7DA422C0

 Jika ingin tahu lebih banyak dan ingin menyewa tenda, dll silakan hub: WISNU pin: 7DA422C0

Paket Soft Trek:
- 1 hari / 1 day
- 2 hari 1 malam / 2 days 1 night

Trekking 2 days 1 night:


07.30 sarapan
Berkenalan dengan pemandu di penginapan atau hotel sambil menikmati sarapan pagi anda.

08.30 Berangkat menuju Bukit pergasingan
Perjalanan dimulai!!! jejak menuju bukit pergasingan cenderung melalui perkebunan sayur dan lahan padi yang mengelilingi sembalun lawang. hasil dari lahan subur ini menyediakan makanan yang dibutuhkan oleh masyarakat lokal, dan akan menjadi menu utama anda selama berada di taman nasional gunung rinjani. semua bahan makanan dipersiapkan oleh trekking organiser.

09.00
Peristirahatan pertama adalah di Punggungan bukit pergasingan, sebuah tempat yang jarak tempuhnya sekitar 1,5 jam dari Desa Sembalun. jejak menuju Punggungan yakni melalui padang rumput yang sangat luas. nikmati makanan ringan dan minuman anda di sana sambil melakukan persiapan untuk perjalanan selanjutnya.

10.30
Jejak antara Punggungan  menuju punjcak tidak terlalu curam, setelah 1,5 jam anda akan samapai di puncak bukit pergasingan, sebuah tempat dimana anda bias melihat seluruh desa sembalun dan bukit-bukit yang mengelilinginya.  anda sebaiknya makan siang di di puncak bukit gunung pergasingan.

12.30
Ketika sampai di puncak bukit pergasingan anda akan merasa kagum meliha betapa indah nya dunia ini dimana mata dan pikiran  anda akan di manjakan oleh keindahan alam semesta yang begitu mempesona dari puncak bukit pergasingan, selain anda melihat indahnya desa sembalun anda juga akan mendengar kicauan burung-burung di sekeliling anda dan sapi0sapi liar yang masih anda bias lihat di bukit pergasingan,Makan siang, sambil melihat dan merasakan keindahan alam, para porter akan menyiapkan makan siang untuk anda sajikan.

13.30 berkeliling kawasan bukut
Setelah makan siang anda akan di ajak untuk mengelilingi puncak bukit pergasingan dimana semua sisi puncak bukit pergasingan menawarkan panorama berbeda-beda seperti, bagian barat bukit pergasingan anda akan dengan jelas melihat betapa perkasanya gunung rinjani yang terlihat dengan jelas, puncak bagian selatan pemandangan menuju indahnya persawahan masyarakat sembalun yang seakan-akan sengaja disusun akan tetapi semua itu suda ada dengan secara alami, selain persawahan, anda juga bias melihat desa sembalun dengan di kelilingi oleh bukit telaga, pusuk selong, anak dara dan bukit yang lain, di sebelah timur anda akan di suguhkan untuk menikmati betapa mempesonanya alam yang selama ini masih lebat dengan pepohonan yang umurnya berpuluh-puluh tahun, bahkan berabat-abat sehingga di dalam hutan tersebut masih terdapat hewan-hewan liar seperti rusa, kijang kera babi hutan dan burung-burung liar lain nya yang anda bias dengar sehingga anda akan terkagum-kagun dan ingin kembali lagi untuk mengunjungi kawasan bukit pergasingan, selain itu tidak kalah pentingnya pemandangan dari puncak bukit pergasingan di sebelah utara dimana dari bukit ini anda akan menikmati dan menghirup udara laut yang normalnya dibawa oleh angin yang pas untuk dijadikan penghilang stres atau kejenuhan.

14.30 menikmati alam dengan segelas kopi
Setelah mengelilingi semua sisi puncak bukit pergasingan, para porter anda sudah siap untuk melayani anda dengan menyiapkan kopi atau teh sehingga

17.30 makan malam
Sebelum menjelang malam para porter anda akan menyiapkan makan malam anda yang di sajikan ketika matahari tenggelam makanan yang akan di buatkan oleh para porter anda akan anda sajikan di iringi oleh matahari yang dalam hal ini detik demi detik mata hari akan tenggelam tepat pada unung kaki rinjani sebelah utara barat, Setelah makan malam selesai maka kompiltah pengalaman anda anda di hari pertama.

05.30 matahari terbit
Matahari biasanya terbit jam 06.00 dan anda bias melihat matahari terbit dengan jlas dari bukit pergasingan sehingga sebelun jam 06.00 anda akan di bangun kan oleh guide atau para porter anda dan sebelum anda bangun tidur guide dan para porter anda akan sudah siap untuk melayani anda dengan makan pagi anda untuk pertama, setelah makan pagi pertama anda akan di ajak oleg guide anda untuk melihat matahari terbit dari upuk timur di mana sinar matahari ini sedikit demi sedikit akan menyinari bukit-bukit yang mengelilingi desa sembalun dan desa sembalun, sebelum matahari menyinari bukit-bukit dan desa sembalun yang paling pertama sinarmatahari akan menyinari gunung tertinggi ketiga di Indonesia ini ( rinjani ).

07.00 sarapan
Setelah srapan pertama dengan di iringi oleh matahari terbit anda akan disuguhkan oleh para porter anda makan pagi kedua sebelum anda melakukan poto-poto atau kembali ke desa sembalun

09.00 berangkat menuju sembalun
Berangkat menuju sembalun tidak begitu silit sehingga anda punya banyak waktu untuk melakukan aktipitas du puncak bukit pergasingan tersebut,, setelah anda puas beraktipitas di puncak bukit pergasingan kini anda akan turun dari bukit pergasingan dengan membawa kenag-kenangan yang sangat mempesona

12.00 perpisahan

setelah sampai di hotel, home stay atau di desa sembalun kinin saatnya anda akan berpisah dengan guide dan para porter anda.

Jika ingin tahu lebih lanjut, bertanya-tanya, ataupun trekking HUB. +6281918226296/http://www.putrasembalun.com/pergasingan-hill.html


Ini Gambar-gambarnya yang saya kumpulkan dari teman, blog lain, dan fb:
Check it out!!.....


keindahan puncak rinjani di atas awan




bunga abadi " "

puncak

suasana trekking

sunnrise


warna-warni persawahan




suasana pagi

sunrise & sunrise

panorama perbukitan


warna-warni alam sembalun

suasana malam hari

Sunset

Pengen tau lebih banyak tentang lombok?? hub/chat/invite/follow:

PIN: Me          7CD0D805
          Wisnu    7DA422C0

Facebook :      https://www.facebook.com/fadli.syariefz
                         https://www.facebook.com/wisnu.sabani

Twitter:          @Fadli_Syarief

Source: lomboknesia.blogspot.com

-THANK YOU-

0 comments:

Post a Comment