Sunday, October 12, 2014

Air Terjun Asin

LombokNesia-Lokasi pantai nambung ini sendiri berada di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Lebih tepatnya berada di dusun Pengantap, desa Buwun Emas, kecamatan Sekotong. Ada dua rute yang dapat kita lalui yaitu dari sekotong dan selong belanak. Jika ditempuh dari pusat kota Mataram maka akan memakan waktu sebanyak 2 jam perjalanan dengan kendaraan baik mobil maupun sepeda motor. Kalau dihitung, titik ini berada sejauh 20 KM bila diukur dari pertigaan Sekotong-Gili Nanggu-Teluk Sepi. Jalannya aspal hotmix, dilanjutkan masuk ke perkampungan dengan jalan tanah sejauh 300 meter, kendaraan bisa diparkir dirumah warga.Sesampainya di kawasan objek wisata di Lombok ini kita akan menemukan hamparan pasir putih sebesar butiran merica. Pijakan kaki melangkahpun terasa berat, ditambah kita harus berhati hati saat melewati daerah bebatuan karena jika tidak berhati-hati di khawatirkan bisa mengenai kaki kita. Akan tetapi ada alternative lain untuk sampai ke air tejun tersebut, hanya dengan Rp. 10.000 kita akan menaiki perahu sambil menikmati sekeliling pantai nambung. 

Keajaiban Air Terjun Asin di Pantai Nambung Lombok

Air terjun itu aslinya berasal dari deburan ombak yang kencang menerjang dan melewatibebatuan sehingga air yang menerpa batuan tersebut seakan menjadi pondasi dari air terjun yang diberi nama Tanjung Jagog. Kita hanya perlu bersabar menanti deburan ombak yang keras tersebut. Sambil menunggu ombak tersebut datang kita bisa juga melihat langsung jejeran rumput laut di sepanjang bibir pantai, karena pantai nambung Lombok ini juga menjadi tempat budidaya rumput laut sebagai mata pencaharian warga sekitar selain menjadi nelayan.
Saat pantai sedang surut nyatanya pantai nambung tidak lepas dari keindahannya. Karena di balik tebing bebatuan tersebut akan ada kolam alami di tengah-tengah jajaran batu karang dimana air terjun asin itu berada. Kiniwisata pulau Lombok yang satu ini semakin gencar dan ramai di perbincangkan di dunia maya. Tak luput dari turis local maupun manca Negara, mereka datang hanya untuk menantikan air terjun asin Tanjung Jagog diPantai Nambung Lombok. Nah..jangan lupa mampir kesini ya untuk menikmati keindahan alam yang luar biasa ini.


Air Terjun
  pasir pantai nambung lombok pasir pantai nambung lombok
Butiran pasir seperti merica, jadi anda harus hati-hati agar tidak terprosok
pantai nambung di lombok pantai nambung di lombok
Jalan menuju Tanjung Jagog menyusuri pantai Nambung

Ini pantai Nambung, di ujung bukit itu Tanjung Jagog, jadi kita harus jalan menuju air terjun

Tips Tips buat yang mau ke Pantai Nambung :
1. Di bulan seperti (April) kondisi air laut di Pantai Nambung sedang besar ombaknya saat siang hari, jangan memaksakan untuk jalan kaki menuju kesana kalau tidak mau terjebak ombak. Air laut mulai surut dan bersahabat setelah jam setengah 3 sore, jadi bisa dengan aman berjalan menuju Tanjung Jagog/Air Terjun Asin tersebut. 
2. Perjalanan menuju Tanjung Jagog lumayan menguras keringat, jadi bawalah air minum yang cukup ya, tapi jangan lupa botol kosong air minumnya dibawa pulang lagi, jangan ditinggal di lokasi.
3. Wajib bawa kamera, tapi berhubung di lokasi itu ombaknya besar, hati hati jangan sampai kamera basah kena guyuran air laut. Kalau saya kemaren pakai kamera Gopro, jadi gak khawatir basah.
4. INGAT, jangan terlalu dekat ke tempat jatuhnya air terjun itu, sangat sangat berbahaya, air yang datang tak dapat diduga besarnya, seperti hari minggu kemaren (20 April 2014) ada satu perempuan yang berdiri dekat dengan jatuhnya air, sebenernya gak deket deket banget sih tapi karena air yang datang besar banget, jadinya dia kena air tersebut, dan langsung terhempas, alhasil dia ada bagian tulangnya yang patah..
5. Jangan meninggalkan bungkus makanan dan minuman di tempat, kemaren saat kesana saya lihat banyak botol bekas air mineral yang dibuang begitu saja
6. Biasnya ombak besar ketika musim kemarau/saat angin dari australia berhembus ke asia, sehingga ombak yang datang dari samudra hindia sangat besar. Sebaiknya datang ketika musim hujan tetapi jangan saat sedang hujan/berneti hujan, karena jalan akan becek dan susah dilalui kendaraan.
7. Anda juga harus datang ketika bulan mati/tidak saat bulan purnama dan jangan siang hari karena air akan naik dan menutupi jalan ke tanjung tersebut. sebaiknya jam 2ann
Okesip...!!! Semoga Bermanfaat.

Peta Lokasi:
Rute/Peta Lokasi Pantai Nambung : http://wikimapia.org/30526725/Pantai-Nambung


Pantai Nambung yang eksotis, di sekotong lombok barat, di ujung kiri ada tanjung jagog yang merupakan air terjun asin
Source: 
            http://ayongetrip.com/unik-air-terjun-pantai-nambung-lombok/
            
http://berbagifun.blogspot.com/2014/04/tanjung-jagog-air-terjun-asin-di-pantai.html
            lomboknesia.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment