Friday, October 31, 2014

12:46 AM
LombokNesia-Ada banyak manfaat liburan ke Lombok karena pergi berlibur itu sesungguhnya bukan hanya sekedar untuk bersenang-senang. Selain menghilangkan stres di pantai, mendapatkan teman baru, mencicipi makanan khas Lombok, kita bisa juga mencoba mengenal lebih jauh tentang suku Sasak.
Suku Sasak adalah nama sukubangsa asli Pulau Lombok. Dikutip dari Wikipedia, populasi suku Sasak yang mendiami Pulau Lombok ini sekitar 2,5 juta. Ada banyak fakta-fakta menarik tentang suku ini, seperti:
Adat pernikahan
Fakta yang sedikit mencengangkan dan berbeda dari adat pernikahan pada umumnya terlihat pada adat pernikahan. Pada saat ingin menikah, pihak laki-laki tidak mendatangi perempuan dan meminta restu dari orang tua sang perempuan. Melainkan, laki-laki melarikan perempuan bersama beberapa orang kerabat. Adat ini disebut merarik atau selarian.
Dialek bahasa
Hal unik lainnya terletak pada dialek bahasa. Bahasa Sasak adalah bahasa masyarakat Lombok yang serumpun dengan bahasa Sumbawa dan juga kerap kita jumpai di Bali dan Jawa. Dialeknya sangat beragam dan dapat dibedakan berdasarkan pembagian wilayah, yakni Kuto-Kute (Sasak bagian utara), Ngeto-Ngete (Sasak bagian Timur Laut), Meno-Mene (bagian tengah), Ngeno-Ngene (Timur tengah dan barat tengah), dan Meriaq-Mriku (Selatan tengah). Jika dalam Bahasa Indonesia, kita mengucapkan “Terima kasih”, orang Sasak berkata “Tampi aseh”. Namun hampir setiap dusun egolan dialeknya memiliki perbedaan.
Rumah adat
Rumah adat suku Sasak juga menjadi daya tarik bagi para turis untuk mengenal lebih dalam tentang kehidupan suku bangsa ini. Desain arsitekturnya sangat unik. Rumah Sasak berbentuk Lumbung dengan menyediakan satu pintu saja.
Apabila ingin mengenal lebih dekat suku Sasak, Anda perlu menginap di akomodasi yang tepat, misalnya di Villas by PT Dream Estate. Semoga liburan Anda di Lombok sukses dan menyenangkan.
Source: http://www.movementforhappiness.org/archives/68

0 comments:

Post a Comment