Saturday, September 5, 2015

ExploreLombok...
Jalur-jalur Trekking menuju Rinjani kembali bertambah. Tak lama lagi akan ada kegiatan Ekspedisi Tetebatu-Rinjani



Kenapa Harus Ekspedisi Tetebatu-Rinjani ?

Pertanyaan ini mungkin tiba-tiba muncul dibenak kita,benak kami dan fikiran anda ketika mendengar ide tentang pelaksanaan ekspedisi Tetebatu-Rinjani.lalu siapa dan kapan akan dilaksanakan ,siapa yang terlibat juga bagaimana potensi pengembangan kawasan wisata Tetebatu dan sekitar pasca dibukanya jalur pendakian tersebut.

Kegiatan Survey pendakian jalur trekking selatan rinjani,yang bertujuan untuk mengejar masa depan dan peluang yang sudah di depan mata dengan membuka jalur pendakian menuju puncak rinjani langsung dari kawasan wisata Tetebatu. ini adalah langkah awal dari proses panjang yang membutuhkan komitmen ,kebersamaan dan kerjasama semua pihak untuk menjadikan Tetebatu sebagai destinasi pariwisata utama di kabupaten Lombok Timur.

DETAIL

Kami beri nama kegiatan ini “ EKSPEDISI TETEBATU-RINJANI 2015”,sebuah program ekspedisi survey untuk membuka jalur trekking menuju puncak rinjani langsung dari kawasan wisata Desa Tetebatu ( Pintu Selatan ) yakni melalui Dusun Orong Gerisak Desa Tetebatu.kegiatan ini direncanakan akan digelar tanggal 11 s/d 14 September 2015.dilaksanakan oleh TIM EKSPEDISI TETEBATU-RINJANI yang merupakan gabungan dari beberapa komunitas Trekking club rinjani yang tergabung dalam TETEBATU TREKKER CLUB.juga Asosiasi Kelompok Sadar Wisata Kawasan Utara yang terdiri dari POKDARWIS Nuansa Alam Tetebatu Selatan,POKDARWIS Tetebatu,POKDARWIS Kembang Kuning,dan POKDARWIS Desa Jeruk Manis.

Kami juga mengajak dan melibatkan semua pelaku pariwisata yang ada di kawasan wisata Desa Tetebatu dan sekitarnya.para pemilik Resort,Hotel,Penginapan,Bungalow,guest house,restaurant,warung,biro travel dan Tour Organizer.karena baik langsung maupun tidak langsung keberhasilan program ini akan sangat berdampak bagi perkembangan sektor pariwisata dan sektor-sektor lain pendukungnya yang berperan penting dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

PELUANG DAN TANTANGAN

Setiap program Baru tentu memiliki sisi yang beragam,mulai dari kekurangan,kelebihan,prospek,tantangan,bahkan hal-hal kecil yang berakar dari rumitnya membangun konsolidasi baik eksternal maupun internal diantara para pelaku wisata di kawasan Tetebatu dan sekitar.
Beberapa peluang pembukaan jalur baru trekking rinjani melalui Tetebatu antara lain :

• Pelaku pariwisata di kawasan ini tidak lagi harus mengirim tamu trekking ke pintu masuk rinjani lainnya baik sembalun,senaru atau timbanuh.tapi terbukanya jalur ini dapat menjadi alternative tambahan dan pelengkap beberapa jalur pendakian tersebut.

• Potensi tingginya angka kunjungan wisatawan ke Kawasan Tetebatu dan Sekitarnya lebih terbuka karena program semakin lengkap,beragam dan variatif.

• Adanya pintu masuk ( Gate ) baru ke gunung rinjani yang tentu akan membuka peluang kerja bagi masyarakat.karena akan dibutuhkan banyak porter,petugas Gate,konter penjualan Tiket,trekking management,penyewaan alat pendakian,akomodasi pendakian,dan beberapa pendukung lainnya yang tentunya sangat berdampak bagi peningkatan kesejahteraan rakyat.

• Trekking dari Tetebatu,tentu akan menjadi pilihan alternatif yang rasional bagi para wisatawan .karena Tetebatu dekat dengan berbagai akses wisata,mudah dijangkau ,dekat dengan Bandara International Lombok,dan sudah popular sebagai destinasi wisata pedesaan gunung sejak lama sehingga sangat mudah untuk melakukan promosi tentang jalur baru tersebut.

• Menurut sejarahnya,dan penuturan dari beberapa trekker tradisional ,atau para pemburu ( Bahasa sasak : Penyeran ).yang seringkali masuk ke gunung rinjani melalui hutan di utara Dusun orong gerisak dan perempungan ( kawasan Tetebatu ).jalur trekking ke Rinjani dari Tetebatu tidak ekstrim atau dapat dengan mudah dilalui para pendaki,lebih cepat dan termasuk rute dengan tingkat keamanan yang cukup memadai.( catatan : Beberapa dari Pemburu tersebut juga sudah siap bergabung bersama Tim Ekspedisi ).

• Ekspedisi ini adalah bagian dari beberapa rangkaian skema promosi besar untuk meningkatkan kunjungan para wisatawan baik local maupun mancanegara ke Kawasan wisata Tetebatu,membuat mereka lebih lama dan senang mengikuti beragam program di kawasan ini.

• Tingkat Hunian dan kunjungan hotel,resort,penginapan,bungalow dan kunjungan di restaurant,warung dan beberapa destinasi andalan di kawasan wisata ini juga dapat meningkat dengan dibukanya jalur pendakian alternative tersebut.

Sedangkan Beberapa Tantangan rangkaian program ekspedisi ini antara lain :

• Sulitnya membangun koordinasi antar sesama pelaku wisata di kawasan wisata Tetebatu dan sekitarnya.

• Banyak dari para pelaku wisata cenderung bersifat individual dan apatis , dengan gebrakan bersama yang justru sebenarnya akan sangat menguntungkan bisnisnya.hal ini perlu dihindari karena walau bagaimanapun pariwisata harus dikelola dengan kesadaran bersama,keterlibatan semua pihak,sejajar ( tidak ada underestimate dan upper estimate ).

• Pembukaan jalur trekking baru tentu akan berhadapan dengan birokrasi Taman Nasional,Birokrasi pemerintahan dan sebaginya.namun lebih dari itu jika kebersamaan dan komitmen dibangun antar semua pelaku wisata di kawasan ini.kita semua sepakat untuk mewujudkan Tetebatu sebagai salah satu pintu masuk menuju kawasan Rinjani.semuany sangat mungkin untuk dilakukan.

• Finansial dan pendanaan terkadang sangat rumit untuk digalang apalagi untuk menggagas program baru.tapi kami meyakini dan mempercayai alasan financial bukan menjadi persoalan penting ketika kebersamaan,dukungan,komitmen semua pihak dapat dibangun dengan maksimal.

Akhirnya semua kegiatan,program dan hal-hal baru dan juga potensial yang bisa kita lakukan bersama takkan mungkin terwujud tanpa dukungan semua pihak.seringkali hari ini kita hanya berharap kepada nama-nama superior dan tangguh di kawasan wisata ini ( menurut pendapat kita ) lalu under estimate ( menganggap rendah ) nama-nama yang tak superior tetapi memiliki visi luar biasa,berjuang luar biasa dan bertindak dalam segala keterbatasannya untuk kemajuan kawasan ini.rasanya ini sangat tidak bijak dan harus dihabisi.

Hari ini dan esok adalah momentum dan era kerjasama yang dilandasi kesejajaran,kesamaan visi,kesamaan tujuan,dan saling memahami untuk mewujudkan Pariwisata Tetebatu yang benar-benar mampu menjamin kesejahteraan rakyat.menjamin masa depan Kita.

SALAM LESTARI !!!!!!!!

DONG AYOK KE LOMBOK

INGAT!!! NYAMPAH SEMBARANGAN GA ASIK

Diambil dari: https://www.facebook.com/salman.hafiz1

2 comments:

Post a Comment